Sabtu, 15 April 2017

[PETA RESMI DKI] INILAH Prediksi PEMENANG PILKADA 19 APRIL 2017

[PETA RESMI DKI] INILAH Prediksi PEMENANG PILKADA 19 APRIL 2017

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 dipastikan harus melalui putaran kedua. Hasil hitung resmi Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menunjukkan pasangan calon peraih suara terbanyak adalah pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang memperoleh 42,91 persen suara.
Perolehan ini tidak dapat memenangkan pasangan tersebut, karena sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 tahun 2016, calon kepala daerah harus memperoleh lebih dari 50 persen suara untuk meraih kursi.
Hasil real count menunjukkan pasangan nomor tiga Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat berada di peringkat pertama dengan perolehan suara 42.91 persen atau 2.357.587 suara. Sedangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menguntit di bawahnya dengan jumlah suara 40,05 persen atau 2.200.636 suara. Sementara pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan 936.609 suara sehingga pasangan ini tidak masuk ke babak selanjutnya. Sehingga, pertarungan harus berlanjut hingga salah satu kandidat meraup 50 persen suara.
Faktor wilayah ikut menentukan peta perolehan suara kedua calon di putaran kedua nanti. Hasil real count memberikan gambaran yang cukup akan seperti apa putaran kedua berlangsung. Baik pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi memiliki basis kekuatan di wilayah berbeda. Ahok-Djarot unggul di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Sedangkan Anies-Sandi menguasai Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
Selanjutnya, faktor yang menentukan kemenangan salah satu calon di putaran kedua Pilkada Jakarta adalah pergeseran suara pendukung Agus-Sylvi. Dengan jumlah pemilih 5.563.425 orang di pencoblosan putaran pertama, kedua pasangan calon butuh mencapai minimal separuh pengguna hak pilih atau kira-kira sejumlah 2.750.000 suara. Sehingga, para pendukung Agus-Sylvi akan cukup menentukan dalam putaran kedua.
Analisis untuk menerawang putaran kedua telah dimulai oleh berbagai lembaga survei. Polmark, Saiful Mujani Research and Consulting, Poltracking, dan Lingkaran Survei Indonesia meluncurkan penelitian mengenai prediksi hasil putaran kedua Pilgub Jakarta. Hampir seluruh lembaga survei merujuk pada kesimpulan yang sama; pasangan Anies-Sandi akan berhasil mengalahkan Ahok-Djarot.
Namun banyak yang mungkin terjadi di putaran kedua Pilgub Jakarta. Menarik untuk melihat perjalanan Pilgub Jakarta hingga pemungutan suara yang dilangsungkan 19 April 2017.